Agar TextBox Hanya Diisi Dengan Angka Saja (VBA Excel)

 Aplikasi Excelku. Selamat datang kembali di Blog Sederhana Saya ini, terimakasih Saya ucapkan kepada Anda yang mengunjungi Blog Sederhana Saya ini. Pada kesempatan kali ini kembali Saya akan berbagi sebuah tutorial sederhana menganai Macro VBA Excel, dan sesuai dengan judul artikel/postingan ini, Saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana tentang bagaimana cara memaksa user/pengguna untuk menginput data pada textbox hanya dengan jenis/format angka saja.

Hal tersebut di atas akan sangat berguna sekali jika kita membuat sebuah aplikasi sederhana yang menggunakan userform, yang didalamnya terdapat sebuah atau beberapa textbox sebagai medianya. Seperti data NIS, NISN, NIK, atau pun yang lainnya.

Dan berikut ini cara atau langkah agar nantinya textbox pada userform hanya boleh diinput/diisi dengan angka saja.

Pastikan kita sudah membuat sebuah userform yang didalamnya sudah terdapat textbox yang digunakan sebagai media inputnya. Seperti pada gambar di bawah ini :

Agar TextBox Hanya Diisi Dengan Angka Saja (VBA Excel)

Pada gambar di atas ditunjukkan bahwa terdapat beberapa textbox sebagai media input datanya, diantaranya adalah NIS, NISN, dan NIK. Yang harus dilakukan pertama adalah mengubah nama dari masing-masing textbox tersebut. Dan pada contoh ini Saya mengubah nama textbox yang nantinya digunakan untuk menginput NIS menjadi TxtNIS.

Kemudian agar textbox tersebut nantinya hanya bisa diisi dengan angka, silahkan copy/salin dan paste/tempel pada textbox (TxtNIS) tersebut script/kode di bawah ini kedalamnya :

Private Sub TxtNIS_Change()

If TxtNIS = vbNullString Then Exit Sub

        If Not IsNumeric(TxtNIS) Then

             MsgBox "Isi dengan angka!!!", vbInformation, ".:: INFO ::."

             TxtNIS = vbNullString

        End If

End Sub

Dengan demikian, nantinya akan muncul sebuah pesan error seperti pada gambar di bawah ini jika pengguna/user menginputnya menggunakan data berupa huruf.

Agar TextBox Hanya Diisi Dengan Angka Saja (VBA Excel)

Bagaimana? mudah bukan?,.. Demikian mengenai Agar TextBox Hanya Diisi Dengan Angka Saja (VBA Excel), mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian, terimakasih, dan selamat mencoba.

Post a Comment for "Agar TextBox Hanya Diisi Dengan Angka Saja (VBA Excel)"