Menampilkan Menu Developer Di Excel 2010

Hallo Sobat Blogger semuanya, selamat datang di Blog Aplikasi Excelku, dan Saya ucapakan terimakasih kepada Anda yang sudah berkunjung ke blog Saya ini. Masih mengenai aplikasi Ms. Excel pembahasan pada artikel/postingan kali ini, dan sesuai dengan judulnya pada artikel/postingan kali ini akan Saya berikan sebuah tutorial sederhana tentang cara memunculkan menu developer di aplikasi Ms. Excel 2010.
Menampilkan Menu Developer Di Excel 2010

Seperti yang kita kitahui bersama bahwa setiap versi aplikasi Ms. Excel memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya, perbedaan yang mencolok bisa kita lihat dari segi tampilan/UI dari aplikasi Ms. Excel itu sendiri. Jika sebelumnya kita menggunakan aplikasi Ms. Excel 2007 pastinya akan merasa sedikit bingung pada saat pertama kita menggunakan aplikasi Ms. Excel 2010. Kemudian seperti yang akan Saya bahas pada artikel/postingan kali ini, yakni memunculkan menu developer.

Menu developer ini tidak muncul secara otomatis pada saat kita menginstall aplikasi Ms. Excel, kita harus menampilkannya secara manual. Lalu apakah penting menu developer tersebut? jawabannya adalah tergantung dengan kita, jika kita ingin menambahkan komponen VBA (Visual Basic for Aplication) ke dalam lembar kerja Ms. Excel kita, maka adanya menu developer ini sangat penting. Apa itu VBA (Visual Basic for Aplication)? bisa Sobat Blogger semuanya baca melalui wikipedia, atau bisa klik disini untuk membacanya.

Dan berikut ini cara atau pun langkah-langkah untuk memunculkan menu developer di aplikasi Ms. Excel 2010 :

1. Klik pada menu File, kemudian scroll ke bawah dan klik pada tombol Options :


Menampilkan Menu Developer Di Excel 2010
2. Pada jendela Excel Options, klik pada opsi Customize Ribbon, kemudian lihat ke sebelah kanan dan beri tanda centang pada opsi Developer dan akhiri dengan klik OK :

Menampilkan Menu Developer Di Excel 2010


Dengan demikian pada Ribbon Menu Excel 2010 kita akan muncul sebuah menu baru yakni menu developer. Dan kita bisa menyisipkan komponen VBA (Visual Basic for Aplication) didalam lembar kerja Ms. Excel 2010 kita. Demikian pemhasan mengenai Cara Menampilkan Menu Developer di Excel 2010. Mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada artikel/postingan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sekian, dan terimakasih.

Post a Comment for "Menampilkan Menu Developer Di Excel 2010"