Memanfaatkan Fitur Freeze Di Ms. Excel

 Hallo Sobat Excel semuanya, selamat datang kembali di Blog Aplikasi Excelku. Pada kesempatan ini Saya akan memberikan sebuah informasi sekaligus tutorial mengani Ms. Excel, dan sesuai dengan judul artikel ini Saya akan membahas mengenai fitur Freeze yang ada pada aplikasi Ms. Excel.

Memanfaatkan Fitur Freeze Di Ms. Excel


Apa Itu Fitur Freeze Pada Excel?

Fitur Freeze pada aplikasi Excel adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita (pengguna) untuk mengunci bebera cell agar tidak terpengaruh dengan gerakan scroll baik ke atas maupun ke bawah, ke kanan maupun ke kiri. Dengan demikian akan mempermudah kita pada saat mengerjakan dokumen dengan tabel yang memiliki jumlah baris dan kolom yang banyak.

Cara Menggunakan Fitur Freeze Di Excel

Agar Sobat Excel lebih jelas lagi mengenai seperti apa itu fitur freeze di Excel, berikut merupakan contoh penggunaan fitur freeze di aplikasi Ms. Excel.

Pada contoh ini Saya menggunakan Excel 2019. Dan menggunakan sebuah data contoh dalam bentuk tabel seperti yang nantinya akan ditampilkan pada gambar-gambar contoh berikut ini.

1. Klik pada cell yang terletak di bawah cell yang akan kita kunci, pada contoh ini yang akan Saya kunci adalah cell A1 sampai dengan A4, jadi Saya memposisikan cursor di cell B5, perhatikan gambar di bawah ini:

Memanfaatkan Fitur Freeze Di Ms. Excel

2. Kemudian klik pada Menu View kemudian klik pada tombol Freeze Pane dan klik lagi pada Freeze Panes, perhatikan gambar di bawah ini:

Memanfaatkan Fitur Freeze Di Ms. Excel

Maka jika kita scroll ke bawah atau pun ke atas, hasilnya seperti pada di bawah ini:

Memanfaatkan Fitur Freeze Di Ms. Excel

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, bahwa cell yang dikunci tidak bergerak pada saat kita menggerakan mouse scroll ke bawah mau pun ke atas.

Dan pada cara di atas yang terpengaruh adalah bagian baris (row), sedangkan bagian kolom (colomn) tidak terpengaruh. Agar bagian kolom juga bisa terkunci, maka kita hanya merubah posisi cursor-nya saja pada saat kit akan mengunci cell tersebut. Dan pada contoh ini Saya akan mengunci dari baris A4 sampai G4, maka cursor kita tempatkan di cell G5, seperti pada gambar di bawah ini:

Memanfaatkan Fitur Freeze Di Ms. Excel

Kemudian klik pada Menu View, Freeze Panes dan klik lagi pada Freeze Panes. Maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini:

Memanfaatkan Fitur Freeze Di Ms. Excel

Demikian pembahasan mengenai Memanfaatkan Fitur Freeze Di Ms. Excel, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya, sekian, terimakasih dan selamat mencoba.

Post a Comment for "Memanfaatkan Fitur Freeze Di Ms. Excel"