Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Excel

Blog Aplikasi Excelku. Hallo Sobat Blogger semuanya, selamat datang kembali di blog sederhana Saya ini. Terimakasih Saya ucapkan kepada Anda semua yang sudah mengunjungi blog sederhana Saya ini. Pada artikel/postingan kali ini Saya akan memberikan sebuah informasi sekaligus tutorial masih mengenai Aplikasi Ms. Excel

Dan sesuai dengan judul artikel/postingan kali ini, yang akan Saya bahas adalah mengenai Cara Mengubah Lokasi Penyimapanan Excel. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pada saat kita menggunakan aplikasi Ms. Excel untuk membuat sebuah dokumen kemudian kita menyimpan dokumen tersebut menjadi sebuah file, secara otomatis pada saat kita menyimpanannya pasti akan diarahkan ke sebuah folder yakni My Document.
Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Excel

Folder My Document tersebut letaknya direktori C, namun apakah Sobat Blogger menyadirnya? bahwa menyimpan file di direktori C sangat membahayakan terhadap file tersebut. Kenapa? karena direktori C merupakan direktori tempat dimana Sistem Operasi (Windows) diletakkan/bertempat.

Yang saya maksud membahayakan disini adalah karena direktori C tersebut merupakan tempat dimana file-file sistem diletakkan, dan sangat rawan sekali terkena Virus. Kemudian salah satu hal untuk mengatasi Sistem Operasi (Windows) tereinfeksi Virus adalah kita harus menginstall ulangnya. Dan seperti yang kita ketahui bersama, pada saat kita melakukan install ulang terhadap Sistem Operasi (Windows) kita semua file yang terletak/tersimpan didirektori C akan dihapus semuanya tanpa terkecuali.

Bayangkan, jika kita sempat atau bahkan tidak bisa membackup dari file-file yang ada didalam folder My Document (yang letaknya di direktori C tersebut) maka kita akan kehilangan file-file tersebut. Dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah kita harus mengubah tempat/lokasi penyimpanan dari file-file penting kita, dan yang akan dibahas disini adalah mengubah lokasi penyimpanan hasil dari pekerjaan kita yang kita buat didalam/menggunakan aplikasi Ms. Excel.

Dan berikut ini merupakan langkah-langkahnya :
1. Buka Aplikasi Ms. Excel;
2. Klik pada Menu File, kemudian scroll ke bawah dan klik pada tombol Options :

Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Excel
3. Pada jendela Excel Options klik pada tombol/opsi Save :

Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Excel

Ubah lokasi default/bawaan Aplikasi Excel, caranya silahkan tentukan terlebih dahulu direktori mana (selain C) yang akan kita jadikan tempat penyimpanan hasil pekerjaan kita di Aplikasi Excel. Dalam contoh ini Saya akan menyimpannya di folder Excelku yang letaknya adalah didalam direktori D. Maka silahkan Sobat Blogger folder yang akan kita jadikan tempat penyimpanan tadi melalui Windows Explorer, kemudian klik pada posisi akhir lokasi yang kita tentukan tadi yang terletak di adress bar yang ada didalam Windows Explorer , perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Excel


Ingat ya Sobat Blogger, klik tepat dibelakang alamat dari folder kita melalui address bar seperti pada gambar di atas, dan hasilnya akan seprti gambar di bawah ini :



Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Excel


Silahkan klik kanan dan pilih Copy, kemudian buka kembali lembar kerja Ms. Excel tadi dan pada posisi didalam jendela Excel Option silahkan paste/tempeken lokasi direktoru yang telah kita copy melalui Windows Explorer, dan hasilnya seperti ini :

Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Excel
Kemudian akhiri dengan klik tombol OK.

Nah, dengan demikian pada setiap kali kita membuat sebuah dokumen menggunakan Ms. Excel dan kita menyimpanannya, maka file hasil dari perkerjaan kita tersbut akan tersimpan di direktori yang sudah kita tentukan seperti langkah-langkah di atas (pada contoh ini Di direktori D dan didalam Folder Excelku).
" m
Demikian pembahasan mengenai "Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Excel" mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan melalui artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian, dan terimakasih.

Post a Comment for "Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Excel"