Mengatasi Compile Error VBA Excel 32 bit dan 64 bit

Aplikasi Excelku. Selamat datang di blog Aplikasi Excelku, pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi pengalaman sedikit mengenai VBA Excel. Dan sesuai dengan judul postingan/artikel kali ini, yakni Mengatasi Compile Error VBA Excel 32 bit dan 6 bit. Dan untuk pesan errornya adalah seperti pada gambar di bawah ini : 


Mengatasi Compile Error VBA Excel 32 bit dan 6 bit

Dan pesan ini Saya temui ketika Saya membuka sebuah aplikasi yang Saya buat menggunakan Aplikasi Ms. Excel yang tentunya didalamnya sudah ada script VBA/Macronya. Jika dilihat lagi, apa yang telah dituliskan pada pesan error (seperti pada gambar di atas) ada sebuah kata yang bertuliskan The Code in the project must be updated for use on 64-bit systems. Yang jika Saya artikan secara sederhana dalam bahasa Indonesia versi Saya sendiri, kurang lebih artinya adalah Kode didalam file (project) harus diubah agar bisa digunakan pada sistem 64 bit 😁😁😁... Maaf kalau terjemahan Saya salah.



Namun kurang lebih seperti itu artinya. Dan Saya pun berfikir, apa yang harus Saya lakukan agar file tersebut bisa Saya buka di PC yang menggunakan Aplikasi Ms. Excel berbasis 64 bit yang kebetulan sudah tersinstall di PC yang sedang Saya gunakan???

Dan seperti biasanya, layaknya mereka yang lainnya.. Saya bergegas bertanya kepada Mbah Google, dengan kata kunci Mengatasi Compile Error VBA Excel 32 bit di 64 bit, dan Saya pun disuguhkan lebih dari 100 hasil pencarian dari Mbah Google.

Dari ratusan bahkan ribuan hasil pencarian Mbah Google satu per satu saya buka meskipun tidak sampai seratus dari hasil yang disuguhkan Mbah Google. Dan Alhamdulillah, ada satu hasil yang ternyata bisa untuk mengatasi dari permasalahan Saya tersebut di atas. Dan alamat situsnya adalah di bawah ini :

https://xlttn.com/vba/32-bit-and-64-bit-api-declarations-for-vba-developers/

Dan Saya pun langsung Copas Script yang ada di web tersebut kedalam file yang Saya gunakan, kira-kira seperti ini :

Mengatasi Compile Error VBA Excel 32 bit dan 6 bit

Gambar yang Saya beri tanda garis merah di atas merupakan script awal yang Saya gunakan, kemudian Saya ganti dengan script dari website di atas kira-kira scriptnya seperti pada gambar di bawah ini :


Mengatasi Compile Error VBA Excel 32 bit dan 6 bit

Sehingga menjadi seperti pada gambar di bawah ini :

Mengatasi Compile Error VBA Excel 32 bit dan 6 bit

Perhatikan perbedaan gambar di atas dengan gambar kedua yang ada didalam postingan/artikel ini. Dan hasilnya adalah 100% work, akhirnya file (aplikasi) Saya tersebut bisa Saya buka di Aplikasi Ms. Excel yang berasitektur 64 bit. Demikian, semoga apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya.


#ErrorCompileVBAExcel

9 comments for "Mengatasi Compile Error VBA Excel 32 bit dan 64 bit"

  1. Tested and work...!!
    Terimakasih Gan

    ReplyDelete
  2. Apakah bisa dishare excel filenya atau script macronya. Saya tak tahu codenya. Thanks

    ReplyDelete
  3. Saya sdh copy filenya namun tetap tak bisa file saya, menunya tak berfungsi namun bisa memperlihatkan userformnya, sepertinya routine macronya tak berfungsi. Jika seandainya bisa berikan sample xlsnya mungkin masalah bisa terpecahkan di xls saya. Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sample seperti apa? kan kondisinya beda2 nantinya.

      Delete
  4. Maksudnya yang excel punya mas yang bisa menu barnya berfungsi dengan 64bit disertai complete macronya. Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan download aplikasi yang sudah saya Share di Blog Saya ini

      Delete
  5. Boleh kirimkan link untuk aplikasinya supaya saya bisa download, saya tidak tahu yang mana satu. Thanks

    ReplyDelete
  6. Apakah bisa share excelnya bukan yang berbentuk aplikasi yg sudah diconvert. tapi kalau memang tak bisa share.terima kasih saya tidak akan comment lagi

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini :