Rumus Untuk Menghitung Kapan Seorang PNS Pensiun

 Aplikasi Excelku - Hallo Sobat Excel semuanya, selamat datang kembali di Blog Sederhana Saya ini. Terimakasih Saya ucapkan kepada Anda semua yang sudah mengunjungi Blog Sederhana Saya ini. Pada kesempatan ini Saya akan berbagi informasi mengenai Rumus/formula untuk mengetahui kapan seorang PNS pensiun, dan seperti pada artikel Saya sebelumnya, kita bisa memanfaatkan NIP dari seorang PNS untuk mengetahui kapan seorang PNS akan pensiun. Berikut merupakan pembahasan lengkapnya:

Rumus Untuk Menghitung Kapan Seorang PNS Pensiun

Cara mengetahui masa pensiun seorang PNS

Seperti yang sudah Saya jelaskan di awal, kita bisa mengetahui kapan seorang PNS pensiun dengan acuan NIP (Nomor Induk Pegawai), karena seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pada NIP seorang PNS terdapat tanggal lahir dari PNS yang bersangkutan. Dan berikut merupakan cara untuk menggetahui kapan seorang PNS pensiun.

Pertama-tama kita buat sebuah tabel yang memuat data dari PNS yang akan kita hitung (ketahui) masa pensiunnya, dan kurang lebih seperti di bawah ini isi dari tabel tersebut:

  1. No;
  2. Nama;
  3. NIP;
  4. Jenis Kelamin;
  5. Tempat Lahir;
  6. Tanggal Lahir;
  7. Pengkat Gol. Ruang;
  8. BUP (Batas Usia Pensiun);
  9. TMT Pensiun; dan
  10. Keterangan.

Selain data-data di atas, disini Saya juga menyedian sebuah cell untuk menempatkan angka yang nantinya diisi dengan batas usia pensiun.

Berikut merupakan penampakan dari tabel data Pegawai yang Saya maksud:

Rumus Untuk Menghitung Kapan Seorang PNS Pensiun

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, bahwa terdapat beberapa kolom yang Saya beri warna orange, diantaranya adalah : Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, BUP (Batas Usia Pensiun), TMT Pensiun dan Keterangan. Maksudnya adalah di dalam kolom-kolom tersebut nantinya akan Saya isi dengan rumus/formula yang akan secara otomatis menampilkan data sesuai dengan apa yang seharunya muncul di kolom-kolom tersebut.

Untuk kolom keterangan, nantinya akan memunculkan kurang berapa tahun lagi PNS yang bersangkutan pensiun.

Aplikasi Hitung Pensiun PNS Menggunakan Excel

Bagi Sobat Excel yang ingin mempelajari rumus untuk menghitung masa pensiun PNS ini bisa mengunduh/download file-nya melalui tombol download yang sudah Saya sediakan di akhir artikel ini. Demikian artikel mengenai Rumus Untuk Menghitung Kapan Seorang PNS Pensiun, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian, terimakasih dan selamat belajar.

Download

Post a Comment for "Rumus Untuk Menghitung Kapan Seorang PNS Pensiun"